Sukses

Kapolri Resmi Lantik Wakapolri Ari Dono dan Kabareskrim Arief Sulistyanto

Posisi wakapolri kosong usai Komjen Syafruddin mengundurkan diri dan menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto, resmi menjabat Wakil Kepala Kepolisian Indonesia, yang ditinggalkan oleh Syafruddin, usai diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (Menpan-RB).

Upacara Sertijab Wakapolri dilangsungkan di Rupatama Mabes Polri. Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin langsung seremoni. Wakapolri sebelumnya, Syafruddin juga hadir.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku Penjabat Kepolisian RI, akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggungjawab," ucap Ari Dono saat mengikuti sumpah yang dibacakan Kapolri Tito, di lokasi, Jumat (17/8/2018).

Selain itu, Ari Dono juga diminta untuk mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi dan golongan. Dan diminta untuk memegang rahasia sesuatu yang perlu dirahasiakan.

Ari Dono juga disumpah untuk tak melakukan tindak pidana korupsi. Serta bekerja dengan jujur.

"Bahwa saya tidak akan melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, dan gratifikasi berupa apa saja. Dari atau kepada siapapun juga, yang diduga atau patut diduga untuk menggerakan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban dengan jabatan dan pekerjaan," tutur Ari Dono.

Posisi Kabareskrim yang ditinggalkannya, langsung diisi oleh Asisten SDM Polri, Inspektur Jenderal Polisi Arief Sulistyanto. Arief pun juga mengungkapkan sumpah bersamaan dengan Ari Dono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditinggal Syafruddin

Sebelumnya, posisi Wakapolri kosong usai Komjen Syafruddin dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi MenPAN-RB. Sebelum ditetapkan Ari Dono sebagai penggantinya, sempat beredar informasi posisi itu akan diisi Kapolda Metro Irjen Idham Aziz.

Namun, kabar itu terbantahkan setelah Polri memastikan nama Komjen Ari Dono lah yang akan mengisi posisi orang nomor dua di institusi Polri.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.