Sukses

Sindir Era SBY, PDIP Sebut Jokowi Diwarisi 3 Persoalan Utama

Hasto mengingatkan pesan Megawati, bahwa pemerintahan awal Jokowi, dibebankan banyak sekali masalah.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar acara upacara bendera memperingati HUT ke-73 RI. Dalam kesempatan itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, yang menjadi inspektur upacara, menyampaikan pesan Ketumnya Megawati Soekarnoputri.

"Kami menyampaikan salam dari Ibu Megawati Soekarnoputri. Mengingatkan upacara yang dilakukan hari ini, betul-betul dilaksanakan karena semangat nasionalisme partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Kita adalah partai rakyat, kita ada partai pelopor, kita adalah partai yang memegang obor penerang dengan kekuatan rakyat itu sendiri," ucap Hasto di parkiran DPP PDIP Lenteng Agung,Jakarta, Jumat (17/8).

Dalam kesempatan itu juga, dia juga mengingatkan pesan Megawati, bahwa pemerintahan awal Jokowi, dibebankan banyak sekali masalah.

"Ibu Megawati mengingatkan, bahwa tahun 2014 yang lalu, kondisi bangsa dan negara Indonesia, ketika awal Pak Jokowi memimpin, kita melihat, dimana saat itu kita memiliki 3 persoalan utama," ungkap Hasto.

Adapun masalah itu, masih kata dia, yang pertama melunturnya martabat dan kehormatan bangsa. "Persoalan pertama melunturnya kemartabatan dan kehormatan bangsa," kata Hasto.

Kedua, melemahnya sendi perekonomian nasional. Diketahui, Jokowi melanjutkan kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Dimana Bapak Jokowi mewarisi fiskal APBN kita yang mengalami defisit dalam 3 aspek fundamentalnya, termasuk keseimbangan primernya. Dari sisi neraca perdagangan juga mengalami defisit dalam APBN kita," tutur Hasto.

Selain itu, masalah terakhir yang diwariskan untuk Jokowi, masih kata dia, yakni mengalami masalah toleransi dan krisis kebangsaan.

"Di tengah problematika itu, sejarah mencatat bagaimana tangan dingin kepemimpinan Ibu Megawati Soekarnoputri mampu melahirkan pemimpin baru. Pemimpin yang tumbuh dari bawah, pemimpin yang digembleng dari bawah, dan pemimpin itu adalah Ir. Joko Widodo. Presiden Jokowi menjawab persoalan bangsa dengan Trisakti sebagai jawaban," pungkasnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.