Sukses

Anies Ajak Warga Jakarta Jadi Tuan Rumah Asian Games yang Dirindukan

Anies mengajak segenap masyarakat DKI Jakarta untuk menjadi tuan rumah Asian Games yang baik, sehingga dikenang peserta dari seluruh negara Asia.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi Inspektur Upacara dalam apel peringatan 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/8/2018). Dalam sambutannya, Anies mengajak segenap masyarakat DKI Jakarta untuk menjadi tuan rumah Asian Games yang baik, sehingga dikenang peserta dari seluruh negara Asia. 

"Sifat bangsa Indonesia di mata bangsa-bangsa Asia akan terwakili sebagiannya oleh bagaimana cara kita warga Jakarta menyambut tamu-tamu dalam keramahan, dalam kehangatan, dan dalam kemeriahan, " ujar Anies Baswedan.

Menurut dia, Asian Games menjadi ajang pertaruhan bagi Jakarta sebagai tuan rumah. "Mari kita buktikan bahwa kita akan menjadi tuan rumah yang baik, tuan rumah yang dikenang dan tuan rumah yang dirindukan para tamu-tamu Asian Games nanti," imbaunya.

Asian Games, kata Anies, merupakan perhelatan bergengsi. Indonesia atau Jakarta pada khususnya telah dua kali ini menjadi tuan rumah, sebelumnya pada 1962.

Pada perayaan HUT kemerdekaan ke-73 ini, Pemprov DKI Jakarta mengambil tema "Kerja Kita Prestasi Bangsa" yang terinspirasi dari perhelatan tagline Asian Games ke-18, "The Energy of Asia". Tema ini mengandung semangat dan pesan yang diharapkan dapat menjadi inspirasi penggerak bagi seluruh masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja bersama membangun negeri.

"Dan semangat warga kota Jakarta menjadi tuan rumah yang baik dan berprestasi di tingkat dunia," kata Anies Baswedan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telah Optimal

Anies juga menyampaikan pihaknya telah optimal dalam melaksanakan segala upaya persiapan Asian Games dan Asian Paragames. Seperti persiapan venue, transportasi, lalu lintas dan pedestrian.

"Kita pun telah persiapkan keindahan kota dengan menata pedestrian semakin indah, cantik, nyaman digunakan. Kesiapan pedestrian dan venue seperti velodrome, BMX track, baseball dan jetski di Ancol yang semuanya berkelas dunia dan layak menjadi salah satu pusat olahraga tingkat internasional," paparnya.

Ke depan Anies ingin berbagai fasilitas olahraga berkelas internasional harus bisa menjadi tempat tumbuhnya bibit-bibit atlet yang nantinya bisa berprestasi di tingkat internasional.  Warga juga harus diberikan kesempatan yang setara untuk bisa menggunakan fasilitas-fasilitas berskala internasional tersebut.

"Kami atas nama pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap elemen masyarakat yang telah berpartisipasi aktif ikut menggelorakan dan menggemakan dan memeriahkan persiapan Asian Games dan Asian Paragames 2018 ini," ucapnya.

"Mereka ada di setiap kelurahan, setiap kampung, ada di sekolah, gedung perkantoran yang semuanya telah merayakan gegap gempita pesta olahraga se-Asia ini melalui berbagai aktivitas, lukisan mural, memperindah trotoar, mewarnai marka jalan, menghias gerbang-gerbang kampung hingga  pemasangan baliho-baliho mendukung momen bersejarah ini.  Pada mereka semua kita kirimkan apresiasi dan terima kasih," Anies memungkasi. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.