Sukses

Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-73 RI di Istana Merdeka

Sebelum upacara dimulai, tamu undangan disuguhkan tarian kolosal dan atraksi permainan angklung.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2018). Ada 6.250 tamu undangan yang hadir dalam upacara ini.

"Sebanyak 35 persen pejabat negara (termasuk lembaga negara, TNI, Polri) dan duta besar negara sahabat dan 65 persen masyarakat," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmuddin.

Sebelum upacara dimulai, tamu undangan disuguhkan dengan tarian kolosal dan atraksi permainan angklung.

Upacara diawali dengan kirab pembawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas menuju Istana Merdeka. Upacara detik-detik proklamasi akan ditandai dengan 17 kali tembakan meriam dan sirine.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Pengibaran bendera pusaka kemudian dilaksanakan oleh Tim Nusa yang telah dikukuhkan Presiden Jokowi pada Rabu (15/8) di Istana Negara.

Selain itu, akan ada aksi pesawat tempur F16 dan Sukhoi yang melakukan fly pass di langit Istana Merdeka.

Sejumlah pejabat negara yang hadir dalam Peringatan HUT ke 73 RI adalah Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Hadir juga Wakil Presiden ke 6 Try Sutrisno, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini