Sukses

Jokowi: Barek Samo Dipikua, Ringan Samo Dijinjiang

Nilai dan prinsip tersebut diungkapkan Jokowi melalui peribahasa-peribahasa daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, pemerintah dan rakyat Indonesia harus mampu menyelesaikan janji kemerdekaan, terutama mengatasi masalah kemiskinan, ketimpangan antardaerah, dan kesenjangan pendapatan antarwarga. Demikian pula dengan kerukunan, persaudaraan, dan persatuan di antara anak-anak bangsa.

"Kita bersama harus mampu menghadapi tantangan ketidakpastian ekonomi global, serta mewujudkan bangsa kita menjadi bangsa pemenang. Tapi, saya yakin, sebagai bangsa yang besar, dengan modal sosial yang kuat, kita akan mampu menghadapi semua tantangan, seberat apa pun," ujar Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (16/8/2018).

Kepala Negara mengatakan, untuk menghadapi semua tantangan itu kita perlu belajar dari prinsip yang selama ini hidup di seluruh daerah di Indonesia. Nilai dan prinsip itu diungkapkan Jokowi melalui peribahasa-peribahasa daerah.

"Dari Ranah Minang kita bersama-sama belajar: Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang (berat sama-sama kita pikul, ringan sama-sama kita jinjing)," papar Jokowi.

"Demikian pula, dari Tartar Pasundan kita bersama-sama belajar: Sacangreud pageuh, sagolek pangkek (Kita harus bekerja bersama dengan komitmen dan konsistensi)."

Jokowi menambahkan, "Dari Bumi Anging Mamiri kita bersama-sama belajar: Reso temma-ngingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata (Kita harus kerja keras bersama, ikhlas, dan berdoa agar tujuan kita tercapai)."

"Dari Bumi Gora kita bersama-sama belajar: Bareng bejukung, bareng bebose (Kita kerja bersama, kita nikmati bersama-sama jerih payah kita)."

"Dari Banua Banjar kita bersamasama belajar: Waja sampai kaputing (Kita kerja bersama dengan penuh semangat, tidak patah di tengah jalan, tidak pernah menyerah)."

"Saya yakin, dengan semangat persatuan dan kebersamaan antarlembaga negara, kita akan mampu melewati semua tantangan dan rintangan di masa depan. Saya yakin, dengan teladan dari lembaga-lembaga negara untuk bekerja dalam menjalankan tugas-tugas konstitusionalnya, seluruh rakyat akan bergerak membantu. Saya yakin, dengan kerja nyata kita bersama, kita mampu meraih prestasi bangsa. Kerja kita, prestasi bangsa," tutur Jokowi.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini