Sukses

Ini Syarat Wakapolri Pengganti Komjen Syafruddin

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah mengantongi nama-nama yang berpeluang mengantikan Komjen Syafruddin sebagai Wakapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah mengantongi nama-nama yang berpeluang mengantikan Komjen Syafruddin sebagai Wakapolri. Nama-nama itupun telah dikonsultasikan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Syafruddin telah dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menggantikan Asman Abnur.

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan, nama-nama yang diusulkan ke Presiden ialah jenderal bintang tiga dan dua senior.

"Kapolri memiliki hak mengusulkan nama-nama Wakapolri. Beberapa nama sudah diusulkan. Tinggal menunggu keputusan," kata Setyo, di Polda Metro Jaya, Rabu (15/8/2018).

Menurut dia, itu merupakan salah satu prasyarat berdasarkan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri. Dia pun menjelaskan, berbagai aspek yang dapat menentukan seseorang menjadi Wakapolri.

"Pasti ya itu yang menentukkan Wanjakti. Itu melihat pengalaman, petugasan, pastinya penugasan yang sudah dilakukan, kemudian senioritas. Dia sudah cukup pangkat memenuhi syarat. Dalam artian sudah bintang dua senior atau bintang tiga," papar Setyo.

Setyo pun mengisyaratkan bintang dua senior yang dilirik menjadi Wakapolri baru itu, salah satunya Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis.

"Yang bintang tiga semua punya kans. Yang bintang dua senior Polda Metro barometer punya kans. Jadi ya kansnya sama lah," ujar Setyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Telegram Rahasia

Dia mengatakan Telegram Rahasia (TR) Kapolri akan keluar dalam waktu dekat, antara 16 Agustus atau 17 Agustus 2018.

"Nanti kalau sudah ada TR nya kita sampaikan. Kita tunggu saja. Selama 17 Agustus," ujar Setyo.

Intinya, Setyo menegaskan, beberapa nama sudah dikonsultasikan ke Presiden. Tinggal menunggu waktu.

"Sudah diusulkan tetapi belum diputuskan. Tunggu saja. Lebih dari satu nama yang diusulkan," kata Setyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.