Sukses

Rekam Jejak Karier Menpan RB Komjen Syafruddin

Dengan pelantikan ini, Komjen Syafruddin menjadi Menpan-RB ketiga dalam kabinet kerja 2014-2019.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin langsung pembacaan sumpah jabatan Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Rabu pagi tadi di Istana Negara.

Dengan pelantikan ini, Komjen Syafruddin menjadi Menpan-RB ketiga dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019. Sebelumnya ada Yuddy Chrisnandy, lalu Asman Abnur.

Acara pelantikan Komjen Syafruddin dihadiri Wapres Jusuf Kalla, Presiden Kelima RI Megawati Soekarno Putri, pimpinan lembaga tinggi negara dan para menteri.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (15/8/2018), Komjen Syafruddin kelahiran Makassar 57 tahun silam, merupakan lulusan Akpol 1985. Dia pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk periode 2004 hingga 2009.

Syafruddin juga Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia dan kini menjabat Chef de Mission atau Ketua Kontingen Indonesia pada Asian Games 2018.

"Saya sudah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Wakapolri kepada Kapolri. Saya akan menyelesaikan pekerjaan yang belum diselesaikan sebelumnya," kata Menpan RB Komjen Syafruddin.

Syafruddin menggantikan Asman Abnur sebagai Menpan-RB akibat konsekuensi politik keluarnya Partai Amanat Nasional (PAN) dari koalisi pendukung Jokowi untuk pemilu 2019. PAN kini mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. (Rio Audhitama Sihombing)Â