Sukses

Irjen Idham Azis Gantikan Komjen Syafruddin? Ini Kata Mabes Polri

Iqbal memprediksi bahwa penunjukan pengganti wakapolri tidak akan memakan waktu lama.

Liputan6.com, Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Kabar beredar, Kapolda Metro Irjen Idham Azis akan menggantikan Syafruddin sebagai wakapolri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menyampaikan, sampai saat ini belum ada keputusan dari pimpinan Polri terkait sosok pengisi jabatan wakapolri. Untuk itu, kabar Idham Azis menjadi pengisi jabatan tersebut belum dapat dipastikan.

"Silakan saja ada yang berasumsi, menerka, dan lain-lain. Tapi definitif saya selaku jubir Polri mengatakan belum tahu siapa wakapolrinya. Kita serahkan saja ke Bapak Kapolri karena ini murni hak preogratif Kapolri," tutur Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Iqbal memprediksi bahwa penunjukan pengganti wakapolri tidak akan memakan waktu lama. Terlebih, secara prosedur pengangkatan wakapolri sendiri diambil dari perwira polisi bintang dua yakni Irjen dan tiga alias komjen.

"Kalau sudah bintang itu adalah tidak mengikuti mekanisme yang ada kepangkatan. Kalau pamen dari komisaris polisi ke kombes harus melewati tahapan-tahapan masa kepangkatan. Kalau sudah bintang seperti saya (bintang satu atau brigjen), apabila dibutuhkan intitusi demi kepentingan organisasi, masyarakat, bangsa dan negara, bisa dipercepat sehari, dua hari," Iqbal menandaskan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bamsoet Panggil Idham Wakapolri

Idham Aziz sempat terlihat hadir di acara pelantikan Syafruddin sebagai Menteri PAN RB di Istana Negara, Jakarta. Ia terlihat berbincang dengan sejumlah pejabat lainnya, antara lain Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet dan Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

Dalam perbincangan itu, Bamsoet sempat berseloroh saat bertemu Idham Azis. Bamsoet memanggil Idham Aziz sebagai Wakapolri.

"Hei Pak Waka, main nyelonong aja," seloroh Bamsoet di pelataran samping Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Idham Aziz yang sebelumnya tak mendengar panggilan politisi Partai Golkar itu memang tampak ingin segera masuk ke Istana Negara. Namun, Idham Azis langsung menghampiri Bamsoet setelah mendengar panggilan Ketua DPR itu.

"Oh siap Pak. Ini sedang mendampingi Kapolri," ucap Idham.

Idham pun langsung berbincang santai dengan Bamsoet dan Sahroni. Mereka juga berfoto bersama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.