Sukses

Salurkan Bantuan, PKS Usulkan Gempa Lombok Berstatus Bencana Nasional

Fraksi PKS DPRD NTB sudah mengusulkan musibah gempa Lombok ditetapkan sebagai bencana nasional.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 20 tenda dan pelbagai kebutuhan logistik disalurkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kepada korban gempa di Lombok, NTB. Lewat perwakilan kadernya, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, mengatakan seluruh donasi yang terkumpul telah disalurkan dengan baik kepada yang membutuhkan.

"Saya menyerahkan bantuan hasil donasi seluruh anggota Fraksi PKS DPR, juga sesuai janji, saya juga serahkan gaji saya bulan Agustus untuk korban gempa," kata anggota DPR Komisi I ini lewat siaran pers, Rabu (15/8/2018).

Bantuan tersebut tiba di Lombok pada Senin 13 Agustus lalu dan langsung didistribusikan ke seluruh daerah terdampak dengan dikomandoi Ketua Fraksi PKS DPRD NTB, Johan Rosihan.

"Jadi saya telah melihat langsung kondisi korban, penampungan pengungsi dan penanganan korban gempa oleh pemerintah maupun pemda. Kita juga mendengar langsung aspirasi dan harapan masyarakat, termasuk pemda terhadap proses tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi," kata Jazuli di lokasi.

Menurut dia, Fraksi PKS DPRD NTB sudah mengusulkan musibah gempa ini sebagai bencana nasional. Fraksi PKS pusat juga senada menguatkan usulan tersebut kepada pemerintah.

"Saya berharap agar pemerintah daerah tidak ragu mengusulkan ini sebagai bencana nasional. Yang terpenting, dengan status tersebut upaya penyelamatan korban, rehabilitasi dan rekonstruksi dapat berlangsung baik dan cepat dengan dukungan optimal dari pemerintah pusat," jelas anggota DPR Dapil Banten ini.

Sebagai perwakilan di Parlemen, Jazuli berjanji akan memformulasi dan memberi masukan kepada kementerian terkait agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi gempa Lombok berjalan dengan baik dan maksimal.

"Sesuai pantauan kami di lapangan, beberapa lokasi belum tersentuh bantuan. Kami minta distribusi merata, jangan sampai tempat-tempat yang didatangi Presiden bisa cepat, sementara tempat lain lambat," dia menandasi.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.