Sukses

Istana: PAN Tak Gabung Koalisi Jokowi, Asman Abnur Seyogianya Mundur

Selama menjabat sebagai Menpan RB sejak 27 Juli 2016 lalu, kata Pramono, Asman telah bekerja dengan baik.

Lputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sudah selayaknya Asman Abnur digusur dari posisi Kemenpan RB setelah PAN mendukung bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Seyogianya setelah koalisi tergambarkan dengan jelas, siapa pun menteri yang tidak ada dalam koalisi artinya mendukung pemerintahan berhenti," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Mantan Sekretaris Jenderal PDIP ini menjelaskan, pada Senin, 13 Agustus, Jokowi bersama dirinya dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno bertemu. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara memerintahkan untuk memanggil Asman Abnur.

"Diminta untuk segera memanggil Pak Asman. Karena bagaimana pun tidak elok kalau kemudian Beliau (Asman Abnur) ada di pemerintahan. Dan Pak Asman dengan berbesar hati Beliau akan memenuhi itu," tutur dia.

Selama menjabat sebagai Menpan RB sejak 27 Juli 2016 lalu, kata Pramono, Asman telah bekerja dengan baik. Asman juga dinilai mampu berkomunikasi baik dengan menteri lain, termasuk Pramono. Meski prestasi Asman tersebut sangat baik, pilihan politik PAN di Pilpres 2019 tidak mengubah keputusan Jokowi.

"Tapi ini kan pilihan politik yang tak bisa terhindarkan," ujar dia.

Asman sendiri, lanjut Pramono, legawa dengan keputusan Jokowi untuk mencopotnya. Asman sudah bertemu dengan Pratikno dan menyampaikan siap menerima keputusan pemerintah.

"Intinya Beliau legawa karena sudah tahu ini," kata Pramono.

Mengenai kapan Jokowi merombak Kabinet Kerja, Pramono belum bisa memastikan. Demikian juga dengan figur yang layak mengisi kekosongan jabatan Menpan RB setelah ditinggalkan Asman Abnur.

"Presiden yang tahu," pungkasnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menko PMK Juga Minta Keluar

Senada dengan Pramono, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengatakan secara etika memang Asman harus keluar dari Kabinet Kerja setelah PAN menyatakan tidak mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"PAN sudah menyatakan mendukung capres cawapres berbeda. Kalau melihat seperti itu, dimungkinkan yang tidak mendukung pemerintahan sekarang dan capres cawapres yang juga notabene Presiden sampai 2019 ya mengundurkan diri atau keluar dari koalisi yang ada sekarang," kata Puan.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.