Sukses

Jadi Rute Pawai Obor, Hindari Jalan Ini di Siang Hari

Sejumlah ruas jalan di Jakarta Selatan menjadi perlintasan pelari membawa obor Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ruas jalan di Jakarta Selatan menjadi perlintasan pelari membawa obor Asian Games 2018. Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun memberlakukan penutupan jalur untuk umum.

Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan Christianto, mengatakan, menutup ruas jalan ini adalah rute kirab obor (Torch Relay) Asian Games 2018.

Adapun, rute jalan yang akan ditutup sementara yaitu Jalan Rawa Bambu, Jalan Pertanian III, Jalan Raya Ragunan, Jalan Warung Jati Barat, Jalan RM Harsono, dan berakhir di Taman Margasatwa Ragunan.

Lalu, dari Taman Margasatwa Ragunan, obor Asian Games kembali dibawa berkeliling melewati rute Jalan Paso, Jalan Margasatwa Barat, Jalan Raya Cilandak KKO, dan Jalan Ampera Raya. Terakhir di Jalan Pejaten Barat. Dari situ, obor Asian Games akan dibawa ke Balai Kota DKI Jakarta.

"Kira-kira panjang rute di Jakarta Selatan sekira 10 kilometer," ujar dia di Kebun Binatang Ragunan, Selasa (14/8/2018).

Christianto menjelaskan, penutupan jalan dimulai sejak pukul 12.00-15.00 WIB. Namun, lagi-lagi itu sifatnya juga situasional. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Tutup

Artinya jika pelari yang mengarak obor Asian Games 2018 telah melintasi jalur tersebut maka segera dibuka.

"Begitu rombongan terakhir lewat, jalur akan dibuka. Jadi jika rombongan melewati Ragunan jalurnya akan tutup, sementara Jalan Ampera masih dibuka. Ya hitungannya paling lama penutupan tiap ruas sejamlah," papar dia.

Terkait adanya wacana ini, Christianto juga mengantisipasi beberapa rute yang dinilai padat kendaraan seperti Jalan Ampera.

"Ya kan selain jalan kecil, banyak aktivitas juga, kantor, tempat makan," ujar dia.

Karenanya, Christianto menghimbau pengguna jalan mencari jalur alternatif. "Kami sudah sosialisasi lewat spanduk. Kami harap masyarakat menghindari jalur-jalur tersebut," ujar dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.