Sukses

Rumah Adat di NTT Terbakar, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi NTT memperkirakan, kerugian kebakaran rumah adat di Kabupaten Ngada, NTT mencapai miliran rupiah.

Liputan6.com, Ngada - Api membakar puluhan rumah adat di Desa Wetumanu, Kecamatan Jerebu'u, Kabupaten Ngada, NTT, tadi malam. Rumah-rumah di kampung adat yang dibuat secara tradisonal dengan beratapkan alang-alang ini dengan cepat terbakar.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (14/8/2018), dari 33 rumah adat, hanya enam yang selamat dari api. Selain rumah, artefak situs budaya juga ikut hangus terbakar. Demikian pula kain-kain adat, emas, dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran.

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi NTT memperkirakan kerugian mencapai milliaran rupiah.

"Barang-barang yang terbakar itu tidak begitu saja ada di dalam rumah, dan barang-barang itu mempunyai nilai adat yang sangat khas," kata Kepala Dinas Pariwisata NTT Jelamu Ardu Marius.

Sementara itu, pembangunan kembali membutuhkan waktu belum bisa dipastikan dan harus melalui sejumlah ritual adat. (Rio Audhitama Sihombing) 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.