Sukses

Rumah Adat Gurusina Flores Terbakar, Warga Ngada Akan Gelar Ritual

Sejumlah bangunan termasuk sekolah dan rumah warga ludes dilalap api di Desa Talun, Bojonegoro, Jawa Timur.

Patroli, Ngada - Tiga rumah warga, dua blok taman kanak-kanak dan PAUD ludes terbakar dilalap api di Desa Talun, Bojonegoro, Jawa Timur. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (14/8/2018), seluruh barang berharga seperti peralatan elektronik, tiga unit motor, dan perabotan yang ada di dalam rumah juga ikut terbakar.

Api baru dapat dipadamkan setelah empat unit mobil pemadam kebakaran milik pemerintah Kabupaten Bojonegoro tiba. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu, sebanyak 33 rumah adat gurusina yang terletak di Desa Watumanu, Kecamatan Jerebu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) hangus terbakar, Senin 13 Agustus 2018 malam.

Enam rumah di antaranya merupakan rumah pendamping untuk upacara adat, yaitu rumah baga dan ngadu. Sementara, rumah yang selamat hanya enam rumah, termasuk rumah aca di desa tersebut.

Meskipun banyak rumah adat yang terbakar, namun masyarakat tidak langsung mengungsi, karena akan menggelar ritual zezo api atau upacara adat setempat untuk menghindari hal-hal buruk datang kembali.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan salah satu kawasan destinasi wisata ini. Tdak ada korban jiwa akibat insiden tersebut. (Muhammad Gustirha Yunas)

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.