Sukses

TGB Akan Rehabilitasi Korban Gempa di Lombok Utara

Menurut dia, saat ini sebagian korban gempa masih mengungsi di sekitar rumahnya masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mengungkapkan bahwa pihaknya akan merehabilitasi para korban gempa di Lombok Utara, NTB. Menurutnya, rehabilitasi itu bisa dimulai dengan membersihkan reruntuhan tempat tinggal korban gempa.

"Mudah-mudahan kalau tidak ada aral melintang, Bapak Presiden bisa mengawali pembersihan dan rehabilitasinya," kata TGB di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Menurut dia, saat ini sebagian korban gempa masih mengungsi di sekitar rumahnya masing-masing. Padahal, kata dia, hal itu bisa mengganggu psikologis korban.

"Biasanya di ruang terbuka, setiap kampung ada lapangannya jadi setiap hari memandang reruntuhan rumah, itu ganggu psikologis," ucap TGB.

Mantan politisi Partai Demokrat itu mengungkapkan ada ratusan sekolah dan banyak rumah sakit rujukan maupun sarana kesehatan sekunder yang rusak. Khususnya rumah sakit kabupaten di Lombok Utara yang jadi jangkar pelayanan kesehatan.

"Itu hancur lebur, sehingga dipusatkan di rumah sakit lapangan, rumah sakit provinsi dan Rumah Sakit Kota Mataram. Puskesmas juga ini beri tantangan besar tapi tadi Ibu Menkes komitmen untuk lengkapi sarana itu segera," terang dia.

TGB juga meminta Presiden untuk memberikan tenda yang tahan lama, mengingat masyarakat kemungkinan cukup lama di tempat pengungsian korban gempa.

"Itu juga disetujui. Mohon doa semoga penanganan semua selesai," tandas TGB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • TGB

  • gempa lombok