Sukses

Jokowi Minta Maaf Kenaikan Tunjangan Veteran Belum Cair

Presiden Jokowi mengukuhkan Anggota Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) 2017-2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan Anggota Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Masa Bakti 2017-2022. Acara pengukuhan ini digelar di Istana Negara, Jakarta pada Jumat (10/8/2018).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilakukan pengukuhan. Jokowi dalam pernyataannya meminta maaf kepada para veteran karena kenaikkan tunjangan kehormatan yang belum cair. Padahal, ia sudah telah menyetujui menaikkan tunjangan sebesar 25 persen.

"Untuk tunjangan kehormatan kenaikkan 25 persen. Tapi mohon maaf, mohon maaf belum bisa diterima bulan Agustus," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berjanji kenaikkan itu akan diterima pada September 2018. Pemerintah juga akan merapelnya.

"Karena administrasi baru diterimakan nanti Insh Allah bulan September, dirapel dari Januari sampai Agustus,"  terang Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyetujui

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui kenaikan tunjangan dan dana kehormatan bagi veteran. Hal ini telah diresmikan lewat ditandantanganinya Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2018 tentang Veteran Republik Indonesia.

PP ini merupakan pembaharuan dari PP sebelumnya, yakni Nomor 67 Tahun 2014 tentang hal yang sama.

Seperti yang dikutip dari laman setkab.go.id, penerbitan PP Nomor 31 Tahun 2018 membuat dana kehormatan dan tunjangan kepada veteran naik dari Rp 750 ribu perbulan menjadi Rp938 ribu berdasarkan PP No. 67/2014 sebelumnya.

Adapun pertimbangan Jokowi mengubah Pasal 17 lantaran pemerintah menilai saat ini bantuan untuk veteran perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan dari para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Veteran