Sukses

BNPB: Korban Meninggal Gempa Lombok Jadi 105 Orang, Semua WNI

Korban jiwa gempa Lombok kebanyakan jatuh di Lombok Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi (Pusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho merilis data terbaru korban gempa 7 SR di Lombok. Sutopo menyebut, sebanyak 105 korban jiwa telah terdata saat ini.

"Semua terdata masih warga Indonesia, belum ada warga asing," kata Sutopo dalam jumpa pers di Kantor BNPB, Selasa (7/8/2018).

Terkait korban luka, data terbaru siang ini mencatat masih sama dengan data sebelumnya, yakni 236 orang. Jumlah pengungsi diperkirakan hingga ribuan jiwa.

"Jumlah ini masih terus diperbaharui terus, karena masih ada wilayah yang belum terjangkau aksesnya, listrik dan air sulit," jelas Sutopo.

Menurut Sutopo, persebaran korban jiwa terbanyak ditemukan di Lombok Utara. Hal diakibatkan lokasinya yang berdekatan dengan pusat gempa yang berepisenter di darat dengan 18 KM Barat Laut, Kabupaten Lombok Timur, dengan kedalaman 15 KM.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.