Sukses

Kilauan Hijau Terlihat di Langit Saat Gempa Lombok, Meteor?

warga mengaku melihat kilauan cahaya berwarna hijau dari langit arah utara Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kilauan hijau terlihat di langit saat gempa 7 SR mengguncang Lombok, Minggu, 5 Agustus 2018 pukul 18.46 Wita. Kilauan hijau itu keluar ke arah utara. Lantas, apakah kilauan cahaya tersebut adalah meteor?

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, benda misterius itu bukan benda ruang angkasa.

"Saya menduga tidak ada kaitannya karena tidak ada alasan fisisnya. Ketampakan meteor dan gempa tidak ada kaitannya," kata Thomas saat dihubungi Liputan6.com, Senin (6/8/2018).

Saat gempa Lombok terjadi, warga mengaku melihat kilauan cahaya berwarna hijau dari langit arah utara Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Saya lihat langit di arah utara keluar cahaya hijau, seperti petir menyambar," kata Mallias, warga Perumnas Mataram yang ketika gempa bumi terjadi berada di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram, Lombok, Minggu malam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hijau Terang

Begitu juga disampaikan Slamet Prabowo, bapak satu anak yang berhasil menyelamatkan anaknya yang sedang tidur lelap di kamar lantai dua rumahnya itu. Slamet mengaku melihat kilauan hijau dari langit arah utara.

"Apa mungkin itu, hijau terang bercahaya dari arah utara. Wallahu a'lam," kata Slamet dilansir Antara.

Mallias dan Slamet bersama warga lainnya di Perumahan Lingkar Asri Kota Mataram berhamburan keluar rumah ketika terjadi guncangan gempa Lombok tersebut. Bahkan, pascagempa terjadi, listrik dengan seketika padam.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.