Sukses

Video Kepanikan Warga Lombok Saat Gempa 7 SR Dikabarkan Berpotensi Tsunami

Jalanan dipenuhi kendaraan yang hendak menuju ke arah dataran yang lebih tinggi karena gempa dikabarkan berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Lombok - Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter kembali mengguncang Pulau Lombok, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (6/8/2018), jalanan dipenuhi kendaraan yang hendak menuju ke arah dataran yang lebih tinggi karena gempa dikabarkan berpotensi tsunami.

Gempa bumi berkekuatan 7,0 SR mengguncang Lombok Utara pada pukul 18.46 Wita. Gempa terjadi 18 kilometer barat laut Lombok Timur dengan kedalaman 15 kilometer.

Gempa yang mengguncang membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah. Listrik yang mati total semakin menambah kepanikan.

Informasi peringatan dini tsunami juga dikeluarkan pihak BMKG yang membuat warga langsung berinisiatif mengungsi ke dataran tinggi. Selang satu jam kemudian, peringatan dini tsunami akhirnya dicabut BMKG.

Menurut data yang dikeluarkan pihak BMKG, selain meruntuhkan bangunan, gempa juga menyebabkan air laut terpantau naik di tiga wilayah, yakni di Pelabuhan Carik Lombok Utara, Pelabuhan Badas Sumbawa, dan Pelabuhan Lembar Lombok Barat. Sementara, gempa susulan masih terus terjadi. (Muhammad Gustirha Yunas)