Sukses

Hoaks Gempa Susulan Tengah Malam Gegerkan Warga Bali

Pejabat BMKG Wilayah III Denpasar memastikan informasi gempa susulan di Bali adalah hoaks.

Liputan6.com, Denpasar - Di tengah situasi bencana gempa, masih saja ada pihak yang menyebar informasi bohong alias hoaks. Salah satu informasi hoaks disebar akun @dDBThezite di media sosial.

Akun tersebut menyebar informasi bohong bahwa gempa susulan akan terjadi di seluruh Bali tengah malam nanti dengan kekuatan yang lebih besar.

Dalam cuitannya, akun itu menulis, "Mohon share kpd tmn2,, info dr BMKG gempa susulan akan terjadi di seluruh Bali pada tengah malam,dprediksikan terjadi lbh besar pukul 00.30 Wib".

Sontak saja cuitan akun itu membuat warga panik. Beberapa warga yang memang tengah dalam situasi panik semakin panik termakan informasi hoaks tersebut.

Sialnya, informasi itu tersebar berantai dalam bentuk capture postingan beruntun di grup-grup Whatssapp.

Pejabat BMKG Wilayah III Denpasar memastikan berita gempa susulan tersebut adalah hoaks.

"Informasi itu tidak bisa diprediksi sampai dengan saat ini. Mohon bantuannya untuk meng-counter hoaks," jelas Hardi, pejabat BMKG Wilayah III Denpasar. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • gempa lombok