Sukses

Gempa 7 SR Goncang Lombok, Warga Bertahan di Luar Rumah

BMKG mengeluarkan peringatan bahwa telah terjadi gempa berkekuatan 7.0 SR di dekat Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu petang.

Liputan6.com, Lombok - Gempa berpotensi tsunami berkekuatan 7 skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTB), Minggu malam, (5/8/2018) membuat warga Praya di Lombok Tengah memilih bertahan di luar rumah masing-masing.

"Warga masih banyak yang memilih di luar rumah karena khawatir akan terjadi gempa susulan," kata seorang warga Desa Penghadang, Praya, Lombok Tengah, Wawan seperti dilansir Antara.

Wawan menyebutkan gempa kali ini sangat keras  dan beruntun hingga mengakibatkan semua warga ke luar rumah karena panik.

Kendati demikian, dia menyebutkan sampai sekarang, belum mendengar adanya informasi rumah yang roboh akibat guncangan gempa tektonik tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Dini Tsunami di Lombok Utara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan bahwa telah terjadi gempa berkekuatan 7.0 SR di dekat Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu petang.

Gempa bumi yang terjadi pukul 18:46:35 WIB itu berpusat pada kedalaman 15 kilometer dan berlokasi di 8.37 Lintang Selatan (LS) dan 116.48 Bujur Timur (BT).

Dalam pemutakhiran peringatan dini, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk daerah di sekitar Lombok Utara, NTB.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.