Sukses

Kapolri Yakin Harmoni Indonesia 2018 Dapat Gelorakan Rasa Kebangsaan

Sejumlah pejabat dan politikus juga hadir dalam Harmoni Indonesia. Di antaranya Presiden Jokowi, Panglima TNI, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti,

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menilai, kegiatan Harmoni Indonesia 2018 dapat menggelorakan rasa kebangsaan. Harmoni Indonesia 2018 merupakan kegiatan yang digelar pada pagi tadi untuk menyambut HUT ke-73 RI sekaligus Asian Games.

"Jadi dengan adanya acara seperti ini acara yang luar biasa untuk bangkitkan gelorakan dan kuatkan kebangsaan kita," ujar Tito, di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (5/8/2018).

Dia meyakini, persaturan dan kerukunan sesuai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika merupakan modal untuk menjadi bangsa yang kuat. Karenanya, Tito juga mengingatkan masyarakat untuk tidak boleh terpecah belah atas adanya perbedaan.

"Jangan sampe terpecah dengan masalah kesukuan, agama atau perbedaan yang lainnya,” kata dia.

Harmoni Indonesiadilaksanakan sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi. Kegiatan itu diisi dengan menyanyikan lagu-lagu nasional seperti Rayuan Pulau Kelapa dan mars Garuda Pancasila. Diperkirakan, lebih dari 3.000 masyarakat dari berbagai elemen menjadi peserta.

Sejumlah pejabat dan politikus juga hadir dalam Harmoni Indonesia. Di antaranya Presiden Jokowi, Panglima TNI, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pidato Jokowi

Presiden Jokowi hadir menyemarakkan acara Harmoni Indonesia yang diikuti ribuan warga di kawan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Minggu (5/8/2018). Di acara tersebut Jokowi meminta masyarakat terus menjaga kesatuan dan kerukunan bangsa.

Berikut kutipan lengkap pidato Jokowi di acara tersebut:

Saudara saudara sebangsa se Tanah Air,

kegiatan harmoni Indonesia untuk apa? untuk menyemarakkan kemerdekaan dan memperingati HUT RI ke 73.

Yang kedua, kita juga ingin memberikan semangat kepada atlet yang sebentar lagi berlaga di Asian Games 2018. Kita ingin perhelatan Asian Games kita sukses mempersiapkannya dalam penyelenggaraannya dan dalam prestasi atlet-atlet kita.

Ketiga, dengan Harmoni Indonesia 2018 kita harapkan semangat persatuan kerukunan kebangsaaan karena itulah aset terbesar bangsa ini bisa kita berikan kita semangati semuanya agar kita sadar, agar kita paham bawah persatuan, kerukunan, nasionalisme adalah aset terbesar bangsa kita.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan, terima kasih.

Jokowi meninggalkan acara sekitar pukul 8.15 usai berpidato di hadapan ribuan warga yang hadir di acara tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.