Sukses

Berjibaku Bersihkan Sungai Ciliwung

Sebanyak 500 karung plastik berisi sampah diangkat dari Sungai Ciliwung, Kota Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 500 karung plastik berisi sampah diangkat dari Sungai Ciliwung, Kota Bogor. Sampah itu merupakan hasil aksi bersih sungai yang digelar Pemerintah Kota Bogor bersama swasta, Sabtu 4 Agustus 2018.

Aksi bersih Sungai Ciliwung itu terkait Hari Sungai Nasional yang jatuh pada 27 Juli, melibatkan 200 orang.

Sampah-sampah organik dan nonorganik ini dikumpulkan dari Sungai Ciliwung dalam jarak kurang lebih satu kilometer, mulai dari sebelum Jembatan Sempur sampai ke Jembatan Gantung Lebak Kantin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Elia Buntang menyebutkan, peran swasta dalam menjaga lingkungan sangat diperlukan, terutama Sungai Ciliwung yang memiliki arti penting tidak hanya bagi warga Bogor, tetapi warga Depok dan Jakarta sebagai wilayah hilir.

"Kebersihan lingkungan sungai tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi semua pihak, yakni masyarakat dan swasta," kata Elia seperti dilansir Antara.

500 karung yang berkapasitas 20 kg terisi berbagai macam sampah dari Sungai Ciliwung, mulai sampah plastik, sterofoam, kain, dan sampah organik lainnya dan diangkut menuju tempat pembuangan akhir menggunakan sejumlah truk pengangkut sampah dari Dinas Kebersihan Kota Bogor.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.