Sukses

Buka Rakernas ITB 2018, JK Minta Universitas Kerja Sama dengan Dunia Usaha

JK juga meminta kepada para alumni dan Rektor ITB agar menerapkan ekonomi dan teknologi dengan seimbang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara rapat Kerja Nasional (Rakernas) IA ITB 2018 di Hotel Imperial Aryaduta, Makassar. Dihadapan 300 alumni dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi, JK meminta agar universitas bisa bekerjasama dengan dunia usaha.

"Seharusnya universitas harus kerjasama dengan dunia usaha," kata JK di Makassar, Sabtu (4/8/2018).

Walaupun pihak kampus sering menandatangani nota Kesepahaman (MOU) dengan para pengusaha, JK menilai MOU tersebut kurang berdampak pada mahasiswa. Karena itu, dia meminta universitas harus membuka lahan usaha.

"Karena dengan usaha kadang-kadang lebih cepat penemuannya dari pada universitas," papar JK.

Tidak hanya itu, JK juga meminta kepada para alumni ITB dan Kadarsah agar menerapkan ekonomi dan teknologi dengan seimbang. Dia menilai di era industri 4.0 ini tidak melulu menggunakan robotik.

Sebab, jika hanya mengandalkan robotik, tidak ada konsumen yang akan membeli produk tersebut.

"Kita tidak bisa hanya begitu kita masuk revolusi ke empat, maka semuanya harus automation, harus robotik, tentu tidak. Tetapi pertanyaannya, apabila industri semua punya automation, bekerja robot, dan siapa konsumennya? Siapa yang mendapat pendapatannya? Siapa yang membeli?" ungkap JK.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.