Sukses

Jokowi Jajal Pelican Crossing di Jalan Thamrin

Sebelum melanjutkan penyeberangannya ke arah Hotel Pullman, Presiden Jokowi dihampiri oleh ibunda Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Usai meninjau trotoar di sekitar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan pemantauannya di sekitar Jalan MH. Thamrin. Tepatnya di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Pantauan di lokasi, Jokowi turun dari mobil Kepresidenan RI 1 tepat di depan Hotel Kempinski. Kemudian ia kembali melanjutkan jalan kakinya ke arah Jalan MH Thamrin.

Selama perjalanannya, Jokowi yang didamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut menyapa warga sekitar. Sesekali, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyalami warga dan melambaikan tangannya ke arah pengendara.

Ketika berada di Jalan MH Thamrin, Jokowi melihat pelican crossing untuk menyeberang para pejalan kaki. Sebelum ada pelican crossing ini, para pejalan kaki yang ingin menyeberang dari Hotel Indonesia menuju Hotel Pullman, dan sebaliknya, menggunakan jembatan penyeberangan orang (JPO). Namun kini, JPO itu telah dibongkar dan digantikan pelican crossing.

Jokowi, Anies, dan Basuki, sempat menjajal pelican crossing itu. Mereka menyeberang ketika lampu lalu lintas menunjukan warna hijau.

Setelah menyeberang dari kawasan Hotel Indoensia, ketiganya sempat berhenti di trotoar pembatas pelican crossing. Jokowi beberapa kali melihat trotoar dan lampu lalu lintas yang ada di pelican cross.

Sebelum melanjutkan penyeberangannya ke arah Hotel Pullman, Jokowi dihampiri oleh ibunda Anies Baswedan, Aliyah Rasyid yang turut menyeberang jalan. Namun, Aliyah Rasyid terlihat menggunakan kursi roda. Jokowi kemudian bersalaman dengan Aliyah Rasyid dan berbincang beberapa saat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudahkan Pejalan Kaki

Jokowi mengatakan bahwa fasilitas pelican crossing ini lebih memudahkan para pejalan kaki untuk menyeberang dibanding dengan JPO.

Sebab, kata Jokowi, para pejalan kaki dan kaum difabel lebih mudah menyeberang jalan tanpa harus menaiki tangga JPO.

"Sebetulnya fasilitas-fasilitas pelican crosing ini akan memudahkan masyarakat untuk tidak usah naik tinggi tinggi, itu yang pertama," kata Jokowi di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018).

Selain itu, Jokowi berpendapat bahwa JPO juga menghalangi patung Selamat Datang apabila diperhatikan dari Jalan MH. Thamrin.

"Dan yang kedua saya melihat dari sisi estetika, jembatan penyeberangan orang kalau di sini secara estetika mengganggu," tandas mantan Wali Kota Solo itu.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memasang pelican crossing di dekat Bundaran HI, Jakarta Pusat, untuk menggantikan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang akan dirobohkan.

Adapun jembatan tersebut akan dirobohkan karena dinilai mengganggu pandangan orang ke Patung Selamat Datang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.