Sukses

LIPI Gunakan Teknologi Plasma Nano Bubble Hilangkan Bau Kali Item

Anto menjelaskan, untuk setiap plasma nano bubble, mampu menjangkau maksimal di 20 meter persegi bagian Kali Item.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memasang dua alat plasma nano bubble di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pemasangan alat ini diharapkan mampu menghilangkan aroma bau yang menyengat di kali tersebut.

"Dua fungsi dalam satu alat, bedanya dengan nano bubble ini ada plasma berfungsi menguraikan bakteri bau, mengurai organiknya dan oksigen juga kita masukan," kata Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Anto Tri Sugiarto, di Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2018).

Anto menjelaskan, untuk setiap plasma nano bubble, mampu menjangkau maksimal di 20 meter persegi bagian Kali Item. Sehingga, secara total dibutuhkan 20 unit plasma nano bubble untuk menangani kondisi Kali Item.

"Jadi satu unit bisa radius 20 meter persegi, berarti ini kan baru 40 meter, berarti total harus 20 unit untuk 700 meter," terang dia.

LIPI berharap, usahanya ini bisa membantu menyukseskan perhelatan Asian Games 2018, dan mendapat perhatian kerjasama dengan dinas terkait untuk ke depannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serbuk Penghilang Bau

Sebelumnya, usaha menghilangkan bau juga telah dilakukan sekelompok masyarakat dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dengan menyebarkan 500 kilogram serbuk penghilang bau.

"Biasanya serbuk ini bisa mengurangi bau dalam waktu seminggu. Kita lihat dulu nanti yang pertama ini hasilnya bagaimana. Kalau positif akan kita lanjutkan," ujar Ketua Pelaksana Suwardi beberapa waktu lalu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.