Sukses

Kakorlantas Cek Rambu Aturan Ganjil Genap dengan Bersepeda 

Kata Royke, dengan sepeda dapat mengurangi polusi yang semakin tidak bersahabat karena banyaknya kendaraan bermotor.

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Mabes Polri Irjen Royke Lumowa kembali mengkampanyekan transportasi sehat dan bebas polusi, yakni bersepeda. Dia akan menggunakan sepeda guna memantau parsiapan pemberlakukan aturan ganjil genap besok.

"Kita akan mencoba melihat realisasi sistem ganjil genap, saya mau cek rambu-rambu udah kepasang belum, saya mau cek (pake sepeda)," katanya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (31/7/2018).

Katanya, dengan sepeda dapat mengurangi polusi yang semakin tidak bersahabat karena banyaknya kendaraan bermotor.

"Di luar Jawa itu langit ya biru, di sini (Jakarta) abu-abunya karena polusi. Kedua dapat memperlancar arus lalin," kata Royke.

Menurutnya, aturan itu akan dilakukan pada setiap kendaraan pribadi. Termasuk kendaraan dinas.

"Pembatasan kendaraan pribadi dengan kendaraan ganjil genap. Kecuali pelat merah, kuning, TNI, Polri, ambulans penanganan bencana dan lain-lain. RFS, RFT harus ikut aturan, nggak ada pengecualian," tegasnya.

Lebih lanjut dalam hal ini, ia berharap masyarakat dan anggota polri lainnya ikut mencontohkan seperti dirinya mengunakan sepeda dalam beraktivitas.

"Kami nggak akan menggunakan kendaraan pribadi dan bersepeda. Dengan bersepeda mengurangi kendaraan ganjil genap bisa mengurangi polusi udara. Kalau kita nggak mulai bersepeda ini, siapa yang akan memulai," pungkas Royke.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.