Sukses

Kopassus Targetkan Seluruh Pendaki Gunung Rinjani Terevakuasi Sore Ini

Sudah ada 500 orang yang dievakuasi dan dilturunkan dari Gunung Rinjani usai gempa Lombok.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen Lodewyk Pusung memastikan, pihaknya akan menyelesaikan evakuasi terhadap puluhan orang yang masih berada di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin sore ini. Sebanyak 140 orang anggota Kopassus telah dikerahkan untuk melakukan evakuasi tersebut.

"Kalau Kopassus diturunkan sore ini, paling cepat sore ini selesai. Paling tidak besok selesai kalau baret merah ini turun pasti cepat. Lebih cepat lebih bagus," kata Lodewyk di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (30/7/2018).

"Selesai evakuasi ini, saya akan tanya pangdamnya apakah mereka masih dibutuhkan. Kalau sudah tidak, saya tarik kembali ke sini," ucap dia.

Menurut dia, Kopassus dikerahkan karena TNI mengutamakan keselamatan masyarakat. Terlebih, bagi pendaki Gunung Rinjani yang masih terjebak, agar bisa segera dievakuasi.

"Jadi begini, Kodam IX Udayana itu punya pasukan riders. Tadi malam oleh pangdamnya sudah digerakkan untuk mencari jalan dalam rangka mengevakuasi masyarakat yang terjebak di Gunung Rinjani," Lodewyk menjelaskan.

"Kenapa, kok, saya harus kerahkan pasukan khusus? Saya pikir ini bukan kita menyepelekan, tapi kita memprioritaskan ini agar masyarakat yang terjebak ini bisa segera dievakuasi. Inilah pasukan khusus kita yang kita siapkan untuk daki serbu," ucapnya.

Ada dua metode yang digunakan dalam evakuasi pendaki Gunung Rinjani yang dipimpin oleh Wadan Lyon Mayor Darwin itu, yakni melalui jalur darat dan udara.

"Saya sudah sampaikan ke mereka tadi, briefing saya tadi pagi, kamu gunakan dua heli yang ada di sana kita terbangkan heli, kemudian satu tim akan bergerak mencari rute lewat darat," ujar Lodewyk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Mudah

Namun, ucap dia, melakukan evakuasi tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi medan yang harus dilalui oleh Kopassus cukup tertutup.

"Saya pernah di sana. Saya pernah asisten operasi di sana, dan kita ketahui memang Gunung Rinjani cukup tertutup. Apalagi kalau jalan yang putus ini saya tidak tahu betul. Tapi yang jelas, sekarang ini tim Kodam IX Udayana sudah berhasil masuk dan sekarang sedang proses menurunkan masyarakat yang terjebak," ucap Lodewyk.

Dia pun menegaskan, sudah ada 500 orang yang dievakuasi dan dilturunkan dari Gunung Rinjani. Sisanya, masih dalam proses evakuasi.

"Untuk kalian ketahui bahwa 76 orang yang sisa itu sekarang juga kita kembalikan ke posisi awal tadi malam mereka nginep, sedang diproses untuk kembali ke sana karena dia mencari jalan sendiri, tidak bisa menemukan jalan. Akhirnya kita pandu untuk kembali ke tempat mereka bermalam tadi malam," ucap Lodewyk.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.