Sukses

Jokowi: Babinsa Ujung Tombak Pengamanan Wilayah

Jokowi mengatakan, wajar jika Babinsa diberi insentif berupa kenaikan tunjangan kinerja dari Rp 440 ribu dinaikkan menjadi Rp1,2 juta yang diberlakukan per Juli 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengatakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan ujung tombak pengamanan wilayah sekaligus membantu penyelesaian masalah sosial ekonomi di lapangan.

"Saya sangat bangga kita memiliki Babinsa di setiap desa yang turut membantu masyarakat di lapangan," kata Jokowi dalam pengarahan pada sekitar 2.000 Babinsa lingkup Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar, Minggu, 29 Juli 2018.

Dia mengatakan, jumlah Babinsa yang mencapai lebih dari 60 ribu personel itu memiliki banyak tantangan di lapangan dalam menjalankan tugasnya, bukan hanya tantangan keterbatasan fasilitas di desa misalnya tidak ada jembatan untuk fasilitas penyeberangan anak sekolah, tetapi juga harus menghadapi tantangan yang tidak terlihat seperti ancaman terorisme dan penyebaran hoaks.

Menurut dia, kedua persoalan itu ditambah lagi dengan tantangan global dari luar negara dan ini tidak semakin mudah dihadapi suatu negara.

"Ekonomi global yang belum membaik, suku bunga yang naik kita kena imbasnya, termasuk persoalan geopolitik di laut Cina Selatan yang juga belum selesai. Semua problem seperti itu turut mempengaruhi politik, ekonomi dan sosial dalam negeri," ujar Jokowi.

Namun dengan adanya organisasi seperti Babinsa, lanjut Jokowi, diyakini itu semua dapat diminimalisasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, wajar jika Babinsa diberi insentif berupa kenaikan tunjangan kinerja dari Rp 440 ribu dinaikkan menjadi Rp 1,2 juta yang diberlakukan per Juli 2018.

"Babinsa di desa sangat penting sekali. Jangan sampai ada orang-orang masuk sama sekali tidak diketahui," kata Jokowi sembari memberikan contoh kasus Poso dan ISIS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan Babinsa Berprestasi

Pada kesempatan itu, Jokowi memberikan apresiasi pada empat personel Babinsa yang dinilai berprestasi dan berjasa dengan masyarakat desa.

Keempat Babinsa itu masing-masing Serma TNI Musbah yang menyelamatkan penumpang kapal yang terbakar di perairan Muna pada 2016, Koptu TNI Yahya Salam penemu pupuk cair organik, Sertu TNI Asmulyadi yang berhasil membuat kincir angin untuk tenaga pembangkit listrik dengan daya 5.000 watt dan Serka Darwis membantu anak sekolah menyeberang sungai dengan gondola, karena tidak ada jembatan.

Kegiatan pengarahan Jokowi pada perwakilan Babinsa dari tiga provinsi di Sulawesi ini turut dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.