Sukses

Gempa Susulan Masih Guncang Lombok Pagi Ini, Masyarakat Diminta Tidak Panik

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa susulan terakhir terjadi pukul 06.35 WIB, Senin (30/7/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Gempa susulan masih mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, lindu susulan terakhir terjadi pukul 06.35 WIB, Senin (30/7/2018).

"06:35:03 WIB gempa terjadi di 8.75 LS 116.41 BT dengan kekuatan 3.6 SR, berada di kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di darat 15 km Tenggara LOMBOKTENGAH," tulis BMKG, Senin.

Kekuatan gempa tersebut memang lebih kecil dari gempa sebelumnya yang berada di kisaran 6,4 Skala Richter. Namun, dalam laman resminya, BMKG merilis gempa susulan terjadi hampir setiap jam.

Gempa susulan juga terjadi pada pukul 05.34 WIB dengan kekuatan 3,6 SR. Sebelumnya, gempa terjadi pukul 04.10 WIB dengan kekuatan 2,8 SR, pukul 03.09 WIB dengan kekuatan 4 SR, dan pukul 02.48 WIB sebesar 4,2 SR.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Agar meminimalisasi korban dan dampak, masyarakat juga diminta mengikuti arahan petugas.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD NTB. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami," tulis PVMBG dalam siaran tertulisnya.

Terlebih, gempa bumi susulan biasanya mempunyai magnituda lebih kecil dari lindu utama. Namun, PVMBG juga meminta masyarakat tetap waspada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • gempa lombok