Azan dan Teriakan Warga Saat Gempa Guncang Lombok

Oleh Luqman RimadiSunariyah pada 29 Jul 2018, 09:58 WIB
Diperbarui 31 Jul 2018, 09:13 WIB
Gempa berkekuatan 6,4 SR guncang wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). (Dok: BNPB)

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 6,4 SR mengguncang wilayah Lombok, Bali, dan Sumbawa pada Minggu pagi. Besarnya getaran gempa membuat orang-orang di Lombok ketakutan. Seorang warga di Selong, Kabupaten Lombok Timur bernama Arlina menceritakan, gempa besar terasa sekitar pukul 07.00 Wita.

Saat itu ia tengah berada di pasar. Saat orang sibuk beraktivitas di pasar, tiba-tiba suara seng yang menjadi atap pasar bersuara seperti ombak, tak lama lantai pasar bergetar dan tiang-tiang bangunan pasar bergerak.

"Suara atap seng seperti di tiup angin kencang, lantai pasar bergerak," ucap Arlina kepada Liputan6.com, Minggu (29/7/2018).

Seketika orang-orang di pasar Selong itu langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri.

"Sudah lupa apa-apa, hanya ingat keselamatan diri aja. Orang-orang pada takbir, azan, sambil berlari menyelamatkan diri, " ujar perempuan 43 tahun itu.

Gempa kali ini merupakan gempa terbesar yang pernah dirasakan warga di Lombok. Guncangan gempa yang kuat dirasakan hingga 4 kali.

Akibat gempa, sejumlah bangunan dilaporkan retak. Saat ini warga belum berani masuk ke dalam rumah, dan memilih berkumpul di luar karena khawatir terjadi gempa susulan.