Sukses

Obor Asian Games Tiba di Sulsel, Mario Lawalata Jadi Pembawa Obor

Obor api Asian Games tiba di Sulawesi Selatan, aktor Mario Lawalata dan mantan pebulutangkis Rosiana Tendean jadi pembawa obor.

Fokus Indosiar, Jakarta Obor Asian Games 2018 akhirnya tiba di Provinsi Sulawesi Selatan. Pada titik pertama, obor dibawa menuju Kabupaten Bulukumba.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (29/7/2018), obor api tiba di Galaktika Lanud Hasanuddin dari Sorong, Papua.

Usai diturunkan, kru pesawat langsung menyerahkan api ke Danlanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Bowo Budiarto, kemudian diberikan kepada Plt Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, untuk selanjutnya dibawa ke Kabupaten Bulukumba.  

Kirab obor Asian Games tiba di Kabupaten Bulukumba pada Sabtu sore. Iring-iringan dijemput oleh  komunitas mobil dan motor mulai dari perbatasan Banteng-Bulukumba.  

Pada tujuan pertama, api abadi yang dibawa menggunakan tinder box berwarna emas menuju pelataran Masjid Islamic Center Dato Tiro, Kota Bulukumba.  

Api abadi dipindahkan ke obor yang dibawa secara estafet oleh 14 torch bearer, di antaranya artis Mario Lawalata dan mantan pebulutangkis Rosiana Tendean serta 10 atlet daerah Bulukumba.  

Dari Kota Bulukumba, api Asian Games Ke 18 diarak ke Pelabuhan Pendaratan Ikan Bontobahari, Tanaberu yang merupakan kawasan pembuatan perahu pinisi. Di sini torch bearer Mario Lawalata berlari membawa obor menaiki kapal pinisi.  

Ditengah lautan Selat Makassar, seremoni kembali dilakukan. Mario Lawalata menyerahkan obor kepada atlet Rosiana Tendean yang berada di perahu pinisi lainnya.  

Saat tiba di Tanjung Bira, mantan atlet nasional bulutangkis, Rosiana menyerahkan obor kepada Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali. Selanjutnya api dari obor pun disulut ke mini cauldron.  

Api abadi yang dinyalakan di mini couldrone akhirnya tiba di Pantai Tanjung Bira. Nantinya api akan diinapkan satu malam di Pantai Tanjung Bira, untuk selanjutnya akan dibawa ke Kota Makassar. (Karlina Sintia Dewi)