Sukses

KPK Tangkap Total 12 Orang dalam OTT Bupati Lampung Selatan

KPK mengamankan uang Rp 700 juta dalam operasi penangkapan di Lampung Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan total 12 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung Selatan. Salah satu pihak yang diamankan dalam OTT ini adalah Bupati Lampung Tengah Zainudin Hasan, adik Ketua MPR Zulkifli Hasan.

"Sampai pagi ini diamankan sekitar 12 orang," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (27/7/2018).

Selain Bupati Lampung Selatan, KPK juga mengamankan sejumlah pihak dari unsur anggota DPRD, pihak swasta dan lainnya. Rencananya, pihak yang terkena operasi senyap tersebut tengah dibawa ke Gedung KPK Kuningan Jakarta untuk menjalankan pemeriksaan lebih lanjut.

"Nanti direncanakan sebagian akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta. Tim akan mempertimbangkan dari hasil pemeriksaan di Polda sejak tadi malam," ujar Febri.

Dari operasi senyap ini, tim KPK mengamankan uang Rp 700 juta. Diduga penangkapan tersebut diduga terkait dengan proyek infrastruktur.

"Tim mengamankan uang Rp 700 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu," ucap Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi.

Saat ini, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dan 11 orang lainnya yang turut diamankan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.