Sukses

Menkumham Lantik Tejo Harwanto Jadi Kalapas Sukamiskin

Sebelum dilantik sebagai Kalapas Sukamiskin, Tejo merupakan Kalapas Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly menjadikan Tejo Harwanto menjadi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Tejo menggantikan Wahid Husen yang sebelumnya ditangkap KPK terkait kasus dugaan suap perizinan dan fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Ade Kusmanto membenarkan pelantikan Tejo sebagai Kalapas Sukamiskin. Pelantikan digelar siang tadi.

"Iya (pelantikan Kalapas Sukamiskin baru) dan rangkaian pejabat di Kanwil serta Lapas lainnya," ujar dia saat dikonfirmasi, Kamis (26/7/2018).

Tejo sebelumnya merupakan Kalapas Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara. Sedangkan posisi Kalapas Gusta Medan kini diemban oleh Budi Argap Situngkir.

Penunjukan Tejo berdasarkan Surat Keputusan Menkumham Nomor M.HH.25.KP.03.03 Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kemenkumham.

Surat keputusan itu ditetapkan pada 25 Juli 2018.

Menkumham juga mengangkat Ibnu Chuldun sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat menggantikan Indro Purwoko. Menkumham sebelumnya mencopot Indro sebagai Kakanwil usai KPK mengungkap kasus suap izin dan fasilitas mewah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengangkatan

Selain itu, Menkumham juga mengangkat Krismono sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kanwil Jawa Barat menggantikan Alfi Zahri Kiemas.

Dalam surat keputusan tersebut juga Yasonna mengangkat Dewa Putu Gede sebagai Kakanwil Jawa Tengah, Sutrisman sebagai Kakanwil Banten, Yuspahruddin sebagai Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

Yasonna juga mengangkat Lilik Sujandi sebagai Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Benda Sitaan Negara dan Barang Rampasan Negara, Abdul Aris selaku Kadiv Pemasyarakatan Sumatera Utara, Syafar Pudji Rochmadi selaku Kadiv PAS Gorontalo.

Kemudian, Anas Saeful Anwar selaku Kadiv Pemasyarakatan Jawa Timur, Taufiqurrakhman selaku Kadiv Pemasyarakatan Banten, Dwinastiti selaku Kadiv Pemasyarakatan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Para pejabat baru di lingkungan Ditjen Pemasyarakatan itu dilantik oleh Yasonna siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB. Pelantikan tersebut dilakukan tertutup di Graha Pengayoman, Kemenkumham.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.