Sukses

Model Steffy Burase Kembali Diperiksa KPK soal Korupsi Dana Otsus Aceh

Steffy sendiri melalui kuasa hukumnya, Fahri Timur, menyatakan tahu adanya aliran dana suap, tapi tak mengetahui sumber dana tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Model Fenny Steffy Burase kembali dijadwalkan untuk diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Steffy Burase akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap alokasi dana otonomi khusus Aceh dengan tersangka gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (26/7).

Steffy Burase sebelumnya sempat diperiksa penyidik KPK dalam kasus yang sama pada Rabu, 18 Juli 2018. Saat itu penyidik KPK mendalami informasi bahwa Steffy terkait dengan aliran dana suap.

Steffy sendiri melalui kuasa hukumnya, Fahri Timur, menyatakan tahu adanya aliran dana suap, tapi tak mengetahui sumber dana tersebut.

Uang suap yang diterima Irwandi dan Bupati Bener Meriah Ahmadi sebesar Rp 500 juta diduga untuk dibelanjakan medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon. Steffy sendiri merupakan tenaga ahli dalam ajang tersebut.

Selain Steffy, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap lima orang pihak swasta. Mereka adalah Apriansyah, Akbar Velayati, Jason Utomo, Gigit Mawadah, dan Danial Novianto.

"Mereka akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka IY," kata Febri.

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang tersangka, yakni Gubernur Irwandi dan dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri. Ketiga ditetapkan tersangka sebagai pihak penerima suap dari tersangka Bupati Bener Meriah Ahmadi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.