Sukses

SCTV-Indosiar Raih Indeks Siaran Religi dan Berita Berkualitas

SCTV dan Indosiar meraih indeks kualitas siaran dengan predikat memuaskan pada program religi dan berita berdasarkan survei KPI.

Fokus Indosiar, Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) gelar survei program tayangan berprestasi di atas indeks kualitas 3. SCTV dan Indosiar berhasil memuaskan pemirsa dari dua kategori tayangan.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (26/7/2018), dari delapan kategori yang ada, SCTV berhasil memuaskan pemirsa dengan menayangkan program religi dan berita yang berkualitas. Sementara itu, Indosiar mendapat respon memuaskan pada tayangan program religi.

Penilaian ini dilakukan atas survei seluruh Indonesia dengan minimal indeks harus mencapai angka 3 di setiap program.  

Program yang paling di nilai tidak berkualitas di survei pertama tahun 2018 ini adalah infotaimen, reality show, dan sinetron yang dinilai KPI tidak mencerminkan unsur ke-Bhinekaan dan Pancasila.  

"Kami bukan memberikan rapor ya tetapi memberi masukan karena ada instrumen penting yang harus dibenahi," ujar Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis.  

KPI juga menilai program wisata budaya dan program anak dinilai terlalu vulgar dan masih menampilkan kekerasan. Untuk kategori talkshow, dinilai hanya berujung pada kepentingan pemilik stasiun televisi dan terlalu beropini. (Karlina Sintia Dewi)