Sukses

Dilanda Kelaparan, Suku Terasing di Pulau Seram Maluku Kini Banjir Bantuan

Berdasarkan informasi yang didapat TNI dari masyarakat, bencana kelaparan di Pulau Seram karena gagal panen akibat hama tikus dan babi.

Fokus Indosiar, Maluku - Suku Mausu Ane, Maluku Tengah, yang menderita kelaparan kini sudah mendapat bantuan makanan yang dikirim personel Kodim 1502 Masohi. Petugas juga mengirim tim medis untuk menangani puluhan warga yang tengah terserang penyakit.   

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (26/7/2018), sejumlah petugas Kodim 1502 Masohi dan TNI dari Kodam XVI Pattimura harus berjalan belasan kilometer untuk membawa bantuan kepada warga suku Mausu Ane yang tengah dilanda kelaparan.  

Kondisi medan menuju lokasi sangat sulit dan tidak bisa dilalui kendaraan. Petugas harus berjalan berjam-jam menyusuri sungai dan hutan belantara.    

Bantuan dikirim secara bergelombang. Saat ini petugas berhasil mengirim puluhan karung beras, paket sembako, dan tim medis.

Kasdim 1502 Masohi Mayor Inf Adi Eka Jaya yang memimpin pengirman bantuan mengatakan, bantuan lainnya akan segera menyusul. Untuk memastikan kondisi warga Mause Ane, rencananya Pangdam Patimura XVI Mayjen Tni Suko Pranoto akan meninjau lokasi. 

Suku Mausu Ane yang tinggal di Kecamatan Seram Utara Timur, Kabupaten Maluku Tengah merupakan suku pedalaman di Hutan Pulau Seram, Gunung Morkelle. Berdasarkan informasi yang didapat TNI dari masyarakat, bencana kelaparan diakibatkan karena gagal panen akibat hama tikus dan babi.  (Karlina Sintia Dewi)