Sukses

RTH Kalijodo Berbenah, Rumput Disulam Aspal Skateboard Ditambal

Kepala Satuan Pelaksana Kehutanan Penjaringan Jakarta Utara Hasanudin menjelaskan, renovasi RPTRA Kalijodo dimulai sejak sepekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara membenahi sarana dan prasarana Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo. Tak cuma itu, areal hijau yang sempat rusak pun diperbarui.

Pantauan pada Rabu (25/7/2018), sejumlah petugas Penyediaan Jasa Lainnya Perorangan ( PJLP) di Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utama mengganti rerumputan yang sudah mengering. Beberapa di antaranya pun memotong dedaunan dan membersihkan sampah yang berserakan.

Kepala Satuan Pelaksana Kehutanan Penjaringan Jakarta Utara Hasanudin menjelaskan, renovasi dimulai sejak sepekan lalu. Ada sejumlah fasilitas yang diperbaiki seperti taman.

"Ada 11 petugas, semenjak Jumat kemarin melakukan penyulaman tanaman dan rumput. Sumber tanaman itu kami ambil dari jalur hijau dan tanaman sekitar. Sedangkan rumput dari Taman Hutan Kota Penjaringan," kata Hasanudin kepada Liputan6.com saat ditemui di lokasi.

Selain itu, aspal berlubang di arena pemainan skatepark di Kalijodo juga ditambal. Bahkan sekarang ada jalur khusus untuk masuk ke areal skatepark.

"Areal skatepark kami tambal sulam yang bolong kami tambal. Terus kami kasih jalur masuk. Jika sebelum area masuk menerobos tanaman, kini tak diharapkan seperti itu lagi," ungkap dia.

Hasanudin membeberkan penyebab rerumputan di RTH Kalijodo mengering, serta beberapa pohon layu. Faktor utamanya karena struktur tanah.

"Kami perlu uruk tanah lagi buang puing-puing. Di sini itu kualitasnya jelek. Soalnya dulu ini kan bekas pembangunan. Mungkin digalinya tidak begitu dalam," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanaman Terus Diinjak

Hasanudin melanjutkan, perilaku pengunjung yang sembrono juga menjadi faktor beberapa tanaman di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo rusak.

"Kesadaran masyarakat terhadap tanaman kurang. Ini kami tanam terus diinjak-injak. Meski begitu, kami tidak putus asa dan tetap mengimbau kepada masyarakat yang berkunjung supaya lebih peduli pada tanaman di sini," ungkap dia.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Mira Listiwati mengatakan, beberapa hari lalu memang RPTRA Kalijodo nampak tidak terawat. Beberapa tanaman pun tak enak dipandang. Namun ia bersyukur sekarang mulai diperhatikan kembali.

"Alhamdulilah petugas-petugas ini lagi pada memperbaiki fasilitas yang rusak," kata dia.

Mira menjelaskan, di sini banyak sekali fasilitas yang tersedia seperti Skatepark, aula, tembok mural. Namun dibalik ramainya sarana tersebut, ia mengkritik minimnya tempat sampah di lokasi. "Saya tadi lihat tong sampahnya cuma sedikit," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.