Sukses

Sempat Tak Terawat, Kini RPTRA Kalijodo Ditata Kembali

Sepi dan tak banyak kegiatan, RTH Kalijodo kini mulai berbenah. Sementara seorang pengunjung mengaku masih nyaman bermain papan luncur di tempat tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat yang sempat diberitakan tidak terawat, kini kondisinya mulai ditata kembali. Sampah berserakan tak terlihat, rumput yang gersang dan fasilitas lain pun diperbaiki.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (24/7/2018), tak banyak yang beraktivitas di Ruang Terbikau Hijau (RTH) Kalijodo. Hanya ada sekitar 10 orang pengunjung saja, mulai dari bermain papan luncur atau sekedar jalan-jalan. Jumlah petugas kebersihan bahkan lebih banyak daripada pengunjung.

Ruang terbuka hijau yang terletak di perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat ini memiliki luas 10 ribu meter persegi dan diresmikan pada 22 Februari 2017.

Area rerumputan tampak tak terawat. Rumput yang seharusnya hijau, terlihat cokelat dan gersang. Hanya di beberapa titik saja terlihat tumbuh. Sedangkan di sisi utara, kios penjaja makanan tampak tutup.

Beberapa wahana permainan anak juga ditutup kain terpal, tanda tak beroperasi. Sementara Sandi, salah satu pengunjung juga menyebutkan, sejauh ini dirinya nyaman bermain papan luncur di Kalijodo.

Dulunya tempat ini dikenal dengan sarangnya prostitusi, namun pada masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, tempat ini disulap menjadi taman bermain dan berkumpulnya masyarakat DKI Jakarta. (Galuh Garmabrata)