Sukses

Rayakan Hari Anak Nasional, ATVI Serukan Budaya Mencintai Buku

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Akademi Televisi Indonesia (ATVI) kembali menyerukan kampanye literasi media atau budaya membaca dan mencintai buku.

Fokus, Jakarta - Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Akademi Televisi Indonesia (ATVI) kembali menyerukan kampanye literasi media atau budaya membaca dan mencintai buku.

Budaya membaca buku disampaikan dengan ringan melalui kelas kreativitas, mendongeng, dan mobil perpustakaan agar anak-anak lebih mencintai buku ketimbang gawai atau gadget.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (24/7/2018), sedikitnya 60 anak mendapatkan pendidikan literasi media melalui berbagai cara. Di antaranya kelas kreativitas dan mewarnai figur sesuai dengan kreasi masing-masing.

Usai kelas kreativitas, mereka bermain sekaligus mendengarkan dongeng dengan media boneka tangan Iin dan Octopus. Mobil perpustakaan berisi sejumlah buku pendidikan anak juga ikut dipernalkan.

AUD dan TK di Saint John's Catholic School Meruya Selatan, Jakarta Barat, menjadi sasaran kampanye ini.

Peran orangtua dalam menerapkan disiplin dan selektif dalam penggunaan gadget ini penting karena ketika anak-anak rajin dan suka membaca, maka mereka tidak akan mengorbankan waktu mereka untuk bermain gadget.

"Kita memasuki era teknologi internet tanpa diawali dengan kebiasaan baca," kata Direktur ATVI Eduard Depari.

"Membaca itu bisa dilakukan di berbagai tempat. Dengan begitu anak-anak makin bertambah ilmunya," ujar Kaops St. John's Catholic School Paulus Pontoh. (Muhammad Gustirha Yunas)