Sukses

Yasonna Laoly Sidak ke Lapas Klas 1 Porong, Ini Temuannya

Diduga sidak telah bocor dan hanya ditemukan barang-barang seperti korek, gunting, kipas angin, pisau, dan kabel.

Fokus, Surabaya - Didampingi jajarannya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memimpin apel di depan pintu masuk Lapas Klas 1 Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Yasonna berang dengan kejadian di Lapas Sukamiskin Bandung menyusul adanya praktik jual beli fasilitas kepada narapidana.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (23/7/2018), kasus penyalahgunaan wewenang di Lapas Sukamiskin merupakan tamparan keras bagi institusi yang dipimpinnya. Menkumham juga berkesempatan memeriksa sejumlah blok tahanan Lapas ini.

Namun, diduga sidak telah bocor dan hanya ditemukan barang-barang seperti korek, gunting, kipas angin, pisau, dan kabel.

"Memang kita tidak menemukan hal-hal yang aneh, harusnya memang tidak ada pisau cuman masih saya temukan ini. Saya tadi sudah minta kalau SOP harus ditegakkan," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Petugas Kemenkumham Lampung juga menggelar razia di Lapas klas 1A Rajabasa, Bandar Lampung. Razia melibatkan petugas TNI dan Polisi. Petugas memeriksa ruangan tahanan tipikor. Hanya matras kasur, kipas angin, dan kompor minyak tanah yang ditemukan.

Sementara sel mewah seperti di Lapas Sukamiskin tidak ditemukan. Sebelumnya, KPK telah menggelar operasi tangkap tangan terhadap sejumlah orang terkait dugaan suap dan pembelian fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin Bandung.

Jual beli fasilitas di penjara ini juga melibatkan tahanan Fahmi Dharmawansyah suami Inneke Koesherawati terpidana korupsi proyek satelit monitoring Bakamla. (Rio Audhitama Sihombing)