Sukses

Harga Ayam Per Kilo Selangit, Warga Palembang Pilih Sayap Ayam

Saat ini, ayam potong dijual dengan harga Rp 55 ribu per ekor. Sebelumnya harga ayam potong hanya Rp 35 ribu per kilogram.

Fokus, Palembang - Harga ayam potong yang mencapai Rp 45 ribu per kilogram membuat penjualan ayam di Kota Palembang, Sumatera Selatan menurun pagi tadi.

Para pelanggan memilih membeli sayap ayam yang harganya sedikit lebih murah, yakni Rp 40 ribu per kilogram.

"Mahal, jadi saya beralih membeli sayap ayam saja," kata Muhadi, salah satu pembeli.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (20/7/2018), tingginya harga ayam menurut pedagang terjadi karena stok ayam terbatas. Bahkan,pengiriman untuk pedagang dibatasi.

Kondisi serupa juga terjadi di Pasar Raya, Padang, Sumatera Barat. Kandang ayam milik pedagang di pasar tampak kosong. Kondisi ini terjadi sejak sepekan terakhir. Akibatnya harga ayam potong melambung.

Saat ini, ayam potong dijual dengan harga Rp 55 ribu per ekor. Sebelumnya harga ayam potong hanya Rp 35 ribu per kilogram.

"Kalau pengaruhnya dari pusat memang pasokan berkurang. Kalau kurang Sumatera Barat ini pemasok sentra ternak jadi kemana ayam ternak ini dibawa," ujar Ketua Pasar Raya Padang, Dedi Sahirma.

Daerah Sumatera Barat merupakan salah satu sentra peternakan ayam yang ada di Sumatera. Selain untuk kebutuhan di Sumatera Barat, para peternak juga menjual ayamnya ke Riau, Jambi, dan Bengkulu. (Ridho Insan Putra)