Sukses

4 Aksi Jokowi Saat Sambut Zohri di Istana Bogor

Prestasi Lalu Zohri yang mampu menjuarai kejuaraan dunia juga mendapat apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali dari Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Disambut bak pahlawan setelah menjadi pelari tercepat dunia dalam Kejuaraan Atletik U-20 di Finlandia, berbagai bentuk penghargaan kini datang bertubi-tubi bagi Lalu Muhammad Zohri, pemuda 18 tahun asal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan catatan waktu 10,18 detik, si bungsu dari empat bersaudara ini berhasil mengungguli dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Shwarts dan Eric Harrison, serta meraih medali emas.

Kesuksesan yang diraih pemuda kelahiran 1 Jul 2000 itu kini tak hanya membuat keluarganya bangga. Prestasi Lalu Zohri yang mampu mejuarai kejuaraan dunia juga mendapat apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali dari Presiden Jokowi.

Namun, satu yang perlu dingat, keberhasilan Lalu Muhammad Zohri tak lepas dari para pelatih dan guru-gurunya yang selama ini telah melihat bakatnya dan mengenalkan olahraga atletik pada pemuda asal Lombok, NTB, ini.

Berikut empat hal yang dilakukan Jokowi saat menyambut Zohri di Istana Bogor:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Disambut di Lobi Utama Istana

Lalu Muhammad Zohri tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Selasa malam, 17 Jul 2018. Begitu menjejakkan kakinya di Tanah Air, sambutan meriah bak pahlwan diterimanya dari Menpora Imam Nahrawi.

Pada Rabu, 18 Juli 2018, Zohri bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor. Jokowi menyambut langsung sprinter tercepat dunia itu di lobi utama Istana, pada pukul 14.00 WIB.

Saat bertemu, Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih berbalut jaket hitam Asian Games langsung menyalami Zohri.

Sementara Zohri mengenakan seragam atlet berwarna merah putih lengkap dengan medali emas yang dikalungkan di leher.

3 dari 5 halaman

2. Disopiri Jokowi

Di sela-sela pertemuannya dengan Zohri, Jokowi tak lupa mengajak pemuda asal Lombok ini berkeliling Istana Bogor.

"Saya mau ajak muter-muter dulu," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi bahkan tak segan menyopiri sendiri mobil golf saat mengajak Lalu Muhammad Zohri keliling Istana.

4 dari 5 halaman

3. Keliling Istana Bogor

Bagi Lalu Zohri, mengunjungi Istana Bogor meruapkan hal luar biasa. Dia pun mengucapkan terima kasih atas undangan Presiden Jokowi hingga bisa masuk ke Istana.

Saat mengelilingi halaman belakang Istana Bogor dengan berjalan kaki, Jokowi memperlihatkan halaman Istana yang menyatu dengan Kebun Raya Bogor.

Selain memperlihatkan keanekaragaman hayati, Presiden juga mengenalkan beberapa hewan yang sempat melintas dan telah lama menghuni Istana Bogor.

5 dari 5 halaman

4. Pesan Jokowi

Turun dari mobil golf putih, Jokowi mengajak Zohri berjalan-jalan melihat halaman belakang Istana Bogor sambil berbincang santai.

Presiden juga menyampaikan sejumlah pesan kepada Zohri. Dia meminta pemuda asal NTB ini tidak sombong setelah meraih juara dunia dan selalu rendah hati.

"Saya tadi titip pesen betul kepada yang kita banggakan ini, pada Zohri untuk latihan terus dengan kegigihan, semangat, dan ambisi besar agar apa yang sudah dicapai kemarin bisa dipertahankan betul," ungkap Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.