Kemeriahan Kirab Api Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

Oleh Cahyu pada 19 Jul 2018, 15:11 WIB
Diperbarui 30 Jul 2018, 16:21 WIB
Retno Marsudi

Liputan6.com, Jakarta Torch Relay atau Kirab Obor Asian Games 2018 pertama berlangsung di Yogyakarta, Kamis (19/7/2018). Seremoni dilakukan di Pagelaran Keraton Yogyakarta pada pukul 07.00 WIB.

Pelepasan obor dipimpin oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X, kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sebagai pelari pertama. Selanjutnya, Retno berlari membawa api obor Asian Games sejauh 100 meter.

Kemudian, Retno menyerahkan obor ke Kepala Kepolisian DIY, Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri. Begitu seterusnya api obor diserahkan kepada pelari-pelari selanjutnya.

Pelaksanaan Kirab Obor Asian Games 2018 semakin meriah dengan kehadiran ribuan siswa sekolah dan masyarakat yang memberikan semangat kepada para pelari. Mereka memadati Alun-Alun Utara Yogyakarta dan sepanjang jalan Malioboro sambil membawa bendera merah putih.

 

anak SD
Ribuan siswa sekolah dan masyarakat menyaksikan Kirab Api Obor Asian Games 2018

"Kami memang ada instruksi untuk sekolah-sekolah di sekitar keraton, untuk ikut memeriahkan pawai obor Asian Games ini. Anak-anak juga sudah diperkenalkan tentang Asian Games," ujar Guru SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta, Nunung Haryati. 

Tak hanya siswa sekolah dan masyarakat, 100 pengendara GrabBike juga ikut menunjukkan dukungan. Membawa semangat #KemenanganItuDekat, mereka konvoi di sepanjang rute Kirab Obor sambil membawa bendera merah putih.

Pengendara GrabBike
Pengendara GrabBike ikut meriahkan Kirab Api Obor Asian Games 2018

Adapun rute Kirab Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta adalah Titik Nol Kilometer, mengarah ke RS PKU Muhammadiyah. Kirab kemudian mengarah ke Jalan Bhayangkara-Teteg-Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan-Pojok Benteng Kulon-Ngabean-Ngampilan-Pingit-Tugu Yogyakarta. 

Dalam parade Kirab Obor tersebut, Grab juga mengajak tujuh atlet veteran Tanah Air.

“Kami ingin para atlet veteran itu bisa memberikan inspirasi kepada atlet muda agar bisa memperebutkan 462 medali emas dalam ajang olahraga tersebut,” ucap Mediko Azwar.

Setelah dari Yogyakarta, kirab obor Asian Games akan berlanjut ke Solo, Jawa Tengah. Total ada 45 kota/kabupaten yang dilewati kirab Obor Asian Games, dengan titik finis di Monumen Nasional, Jakarta, pada 17 Agustus 2018. 

 

 

(Adv)