Sukses

Jokowi Anugerahi 4 Perwira TNI-Polri Bintang Adhi Makayasa

Empat perwira remaja TNI-Polri menerima anugerah Bintang Adhi Makayasa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Empat perwira remaja TNI-Polri menerima anugerah Bintang Adhi Makayasa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Penganugerahan ini dilakukan saat acara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (19/7/2018).

Mereka yang menerima Bintang Adhi Makayasa merupakan lulusan terbaik dari Akadami Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akadami Kepolisian pada 2018.

Keempat penerima Bintang Adhi Makayasa adalah Letda Rovi Ardya Prawira dari Akmil, Letda (M) Faishal Djauhari dari AAL dan Letda Summa Laras Fatsagunar dari AAU. Sementara dari Akpol adalah Ipda Dolly Septian.

Dalam sambutannya, Jokowi berpesan kepada para perwira pertama TNI-Polri agar menujukan loyalitas dan integritas kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Tunjukkan integritas dan loyalitas kepada masyarakat bangsa dan negara. Tunjukkan kecerdasan dan ketangkasan untuk menghadapi perubahan zaman," ucap Jokowi dalam sambutannya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masa Depan TNI-Polri

Menurut Jokowi, pelantikan sebagai perwira pertama ini merupakan awal dari karir mereka di TNI-Polri. Oleh sebab itu, ia kembali mengingatkan agar para perwira tersebut menjadi abdi negara yang menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945.

"Harus diingat bahwa saudara adalah masa depan TNI dan Polri dan penentu reformasi di institusi kalian masing-masing. Tangan kalianlah yang akan menjalankan adaptasi dan reformasi itu," ujarnya.

Acara Praspa TNI-Polri merupakan upacara pelantikan para taruna dan taruni yang lulus pendidikan menjadi perwira pertama. Pada tahun ini tercatat ada 724 lulusan Akademi TNI dan Polri. Terdiri dari 225 lulusan Akmil, 102 lulusan AAL, 119 lulusan AAU, dan 278 lulusan Akpol.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.