Sukses

Anies Copot 3 Wali Kota Lewat Pesan Singkat, KASN Duga Ada Pelanggaran

Gubernur Anies Baswedan copot tiga wali kota lewat pesan singkat. Ketua Komite Aparatur Sipil Negara Sofian Effendi menilai ada dugaan pelanggaran dalam pencopotan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot tiga walikotanya melalui pesan singkat dan telepon. Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) menduga ada pelanggaran aturan dalam perombakan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (19/7/2018), ketiga pejabat yang dicopot Anies adalah Wali  Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana, Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede, dan Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi.  

Anies menilai rotasi dan pergantian pejabat di lingkungan Pemprov DKI adalah hal yang wajar meski dilakukan melalui pesan singkat. Dia mengingkatkan agar pejabat di DKI bekerja maksimal terutama menyangkut masalah pelayanan.  

"Sikap seorang aparatur negara adalah menerima keputusan dan menjalankan keputusan," ujarGubernur Anies Baswedan.   

Namun, KASN menduga ada pelanggaran dalam pencopotan pejabat di lingkungan Pemprov DKI.  

"Ada prosedurnya ya. Kalau ada kinerja yang rendah harus ada peringatan lisan kemudian diberi waktu 6 bulan. Jika tidak ada perbaikan, baru dihentikan,” kata Ketua KASN Sofian Effendi. (Karlina Sintia Dewi)