Sukses

Cara Generasi Milenial Menjaga Keberagaman NKRI

Keberagaman itu harus terus dijaga agar NKRI tetap tegak di Bumi Pertiwi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kebudayaan dan suku yang beragam. Keberagaman itu harus terus dijaga agar NKRI tetap tegak di Bumi Pertiwi.

Bagi putra Ketua MPR Zulkifli Hasan, Rafi Haikal, keberagaman NKRI merupakan anugerah dari Tuhan. Kondisi ini tak ditemukan negara lain kecuali Indonesia.

"Pengalaman sekolah di luar negeri menyadarkan kita bahwa Indonesia itu kaya suku, budaya dan latar belakang lainnya. Indonesia adalah bangsa yang siap bersaing dengan bangsa bangsa lain," kata Rafi, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Kesadaran itulah yang membuat Rafi Haikal dan temannya, Valerie Thomas, menggagas Project Bhinneka. Ajang ini sebagai bentuk inisiatif anak muda untuk saling menjaga dalam perbedaan

Peresmian acara inisiatif Project Bhinneka itu berlangsung Gedung Nusantara V MPR RI dan dibuka Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Dalam sambutannya, Rafi Haikal menyebut Project Bhinneka adalah wadah gen milenial untuk berkreasi, berkarya dan bersuara sebagai kontribusi anak muda untuk bangsa.

Selain itu, dalam Project Bhinneka juga menggalang dana dan mendonasikannya untuk pekerja seni yang tetap gigih berkarya walaupun memiliki keterbatasan.

"Seperti hari ini kami memberikan sumbangan untuk Pak Ato Pelukis jalanan yang menderita disabilitas," Kata Rafi yang sedang kuliah jurusan Arsitek di New York Amerika Serikat ini.

"Saya ingin menggugah kepada generasi muda untuk tidak berhenti berkarya dan melakukan hal hal positif yang bisa di mulai dari diri sendiri, Gunakan Media social dengan secara bijak karena kita adalah generasi masa depan bangsa Indonesia," tutup Rafi.

Hadir dalam acara itu artis dan seniman antara lain Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Jeremy Thomas, Dwiki Dharmawan dan juga sineas sineas muda lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini