Sukses

Jokowi: Presiden Federasi Mikronesia Keturunan Maluku

Jokowi menyambut baik kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia, HE Peter M Christian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia, HE Peter M Christian. Menurut Jokowi, Indonesia bukan negara yang asing bagi Presiden Christian. Sebab, Presiden Christian memiliki darah Maluku.

"Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia," ungkap Jokowi saat memberikan keterangan persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, dalam kunjungannya ke Indonesia, Presiden Christian akan menyempatkan diri pulang ke Ambon.

"Hal ini merupakan bukti bahwa ikatan antarmasyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu," ucap Jokowi.

Menurut dia, kunjungan Presiden Christian ke Indonesia menjadi tonggak baru hubungan kedua negara. Ia berharap kerja sama kedua negara di berbagai bidang akan saling menguntungkan.

"Saya sangat menghargai konsistensi, komitmen, federasi Mikronesia untuk menghormati integritas negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawarkan Pesawat Buatan PTDI

Jokowi pun menawarkan pesawat N-219 kepada Presiden Christian.

"Indonesia menawarkan pesawat N-219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antar pulau," kata Jokowi saat memberikan keterangan persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Menurut dia, Presiden Christian cukup antusias dengan tawaran ini. Oleh sebab itu, pada Kamis (19/7/2018) besok, Presiden Christian akan mengecek langsung pabrik pesawat N-219 di PTDI.

"Presiden Chirstian besok akan berkunjung ke PTDI di Bandung," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.