Masuki Musim Kemarau, 70 Titik Api Tersebar di Wilayah Sumatera

Oleh Maria Flora pada 18 Jul 2018, 08:11 WIB

Fokus, Riau - Dari pantauan udara, 27 titik api terlihat di Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar dan Dumai. Sebagian besar lahan yang terbakar berada di sekitar areal perkebunan milik masyarakat dan perusahaan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (18/7/2018), menurut data BMKG Pekanbaru, untuk wilayah Sumatera sedikitnya terdapat 70 titik api. Sebagian besar berada di Provinsi Riau.

"Hutan tersebut adalah hutan-hutan yang sudah gundul dan bersebelahan dengan perkebunan," ungkap Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

Sementara itu, kebakaran juga melanda sejumlah hutan di Jawa Timur. Selain Bojonegoro, hutan di Lereng Gunung Dakon, Kcamatan Kabuh, Kabupaten Jombang juga ikut terbakar. Hembusan angin yang kencang membuat api terus berkobar hingga meluas ke dua titik.

Petugas perhutani menduga kebakaran dilakukan secara sengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat hutan gundul.

Untuk mencegah agar kebakaran hutan tidak meluas, warga diimbauĀ  tidak melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kebakaran hutan.

Selain itu, warga diminta melaporkan bila ada oknum yang diduga sengaja membakar hutan demi kepentingan pribadi. (Rio Audhitama Sihombing)