Sukses

Pakai Dana Desa, Warga Singakerta Bali Gotong Royong Bangun Irigasi

Warga Desa Singakerta, Bali mengaku merasakan langsung manfaatnya program PKT dari dana desa.

Liputan6.com, Jakarta - Geliat Program Padat Karya Tunai (PKT) yang dicanangkan Pemerintah Jokowi terlihat di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, tepatnya di Desa Singakerta. Di desa tersebut, warga bergotong royong membangun saluran irigasi sawah atau subak menggunakan dana desa.  

Pemerintah kini tengah mendorong pelaksanaan PKT di daerah-daerah. Program yang bertujuan menyerap tenaga kerja di desa-desa ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran.

Untuk membangun saluran irigasi di Desa Singakerta, total dana yang dihabiskan sebesar Rp 78.364.860. Dari dana itu, warga mampu membuat saluran irigasi yang berfungsi untuk mengairi sawah.

Kepala Subak Desa Singakerta, Gusti Ngurah Gede mengatakan pihaknya mempekerjakan sebanyak 22 orang pekerja, dengan upah perhari untuk tukang sebesar Rp 100.000 dan untuk buruh Rp 80.000. 

Gusti memastikan, seluruh pekerja yang dikerahkan untuk membangun saluran irigasi itu merupakan warga asli Desa Singakerta. 

"Kami mempekerjakan warga kami yang memang tidak mampu, dan mempunyai tekad membangun desa agar lebih baik. Ini dilakukan secara swakelola dengan waktu pengerjaan 90 hari," ucap Gusti kepada Liputan6.com, Selasa (17/7/2018).

Gusti mengaku merasakan langsung manfaatnya program PKT dari dana desa. Menurut dia, selain untuk membangun infrastruktur desa,  adanya bantuan dana melalui program Padat Karya Tunai ini juga menumbuhkan kesadaran warga untuk membangun desa secara mandiri.

"Dengan adanya UU Desa, pemerintah memberi bantuan yang bermanfaat untuk masyarakat kecil dan dampaknya terasa oleh kami anggota subak," ujar Gusti.

Subak ini, kata Gusti pembangunannya telah mencapai 85 persen. Nantinya, aliran air yang mengalir akan dirasakan oleh 86 kepala keluarga dengan luas lahan 45 hektare.

"Targetnya akhir bulan ini selesai 100 persen. Nantinya akan menghasilkan produksi 50 kg gabah per are. Subak kami dari segi wilayah terlalu luas, karena menjadi hilir dari 16 subak yang ada, dengan pembuatan irigasi ini diharapkan akan mempermudah aliran air," ujar dia.

Dia pun berharap pada tahun mendatang pemerintah tetap memberikan bantuan untuk kembali membangun saluran irigasi di sejumlah titik lain.

"Kami masih fokus pada saluran irigasi yang rencananya akan kami bangun di beberapa lokasi lain," ucap dia.

Selain membangun saluran irigasi, pihaknya melakukan pembangunan yang dananya bersumber dari program padat karya, di antaranya untuk pembuatan jalan lingkungan, dan pembangunan gedung BUMdes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Sumber Daya Desa

Program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif. Program ini dijalankan dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan.

Selain itu, PKT  juga ditargetkan mampu meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Program ini merupakan arahan langsung dari Presiden Jokowi, yang dilaksanakan untuk seluruh desa di Indonesia.

Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri PPN/Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 18 Desember 2017 lalu memandatkan, bahwa Dana Desa digunakan untuk Padat Karya Tunai di Desa.

Dalam SKB-4 Menteri disepakati bahwa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan penguatan pendamping profesional untuk mengawal pelaksanaan padat karya tunai di desa, dan berkoordinasi dengan pendamping lainnya dalam program pengentasan kemiskinan. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.