Sukses

DPRD DKI Panggil Anies Terkait Pencopotan Wali Kota Lewat WhatsApp

Mantan Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana mengaku tidak menerima surat keputusan (SK) dari gubernur soal pencopotan dan soal di mana ia akan bekerja selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perombakan Wali Kota di Jakarta Jakarta kini menuai polemik. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi berencana memanggil Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terkait pergantian seluruh Wali Kota.

Prasetio mengaku menemukan fakta wali kota yang dicopot tidak diberi posisi pengganti dan hal itu melanggar aturan yang ada.

"Memang ada beberapa wali kota dilantik karena usia. Tapi ditaruh di mana kek, ditempatkan dulu, baru dilantik. Ini kan enggak, ini dilantik, digeletakin saja," kata Prasetio.

Sementara itu, beberapa wali kota mulai angkat bicara terkait pencopatan oleh Anies-Sandi, mantan Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana mengaku tidak menerima surat keputusan (SK) dari gubernur soal pencopotan dan soal di mana ia akan bekerja selanjutnya.

"Selama ini saya belum terima keputusan gubernur yang asli, hanya saya di WhatsApp dipensiunkan. Pensiun per tanggal berapa enggak tahu dan posisi sekarang di mana juga enggak tahu," tambah dia.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba-tiba mencopotnya pada 5 Juli 2018 dengan surat bahwa ia dipensiunkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diundang KASN

Bambang mengaku telah diundang dalam pemeriksaan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bersama pejabat lainnya yang dicopot Anies. 

Senada dengan Bambang, Mantan Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, mengaku bahwa ia telah dicopot dari Wali Kota satu malam sebelum pelantikan wali kota yang baru.

"Saya ditelepon malam, besoknya pelantikan,” kata dia. 

Mangara kini sudah menganggap dirinya pensiun dengan adanya pencopotan itu.

"Saya sampaikan kalau Pak Gubernur tidak ada lagi penugasan baru buat saya dan saya disebut pensiun, ya sudah saya siap pensiun," ujar Mangara.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan